Kenali Tapak Ban dan Fungsinya

Hallo sobat safety salah satu komponen penting yang ada pada mobil adalah ban. Tanpa adanya ban, maka mobil tidak akan bisa berjalan. Selain itu, ban juga menjadi bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Kemampuan mobil dalam mencengkram aspal pun bergantung pada kondisi ban itu sendiri. Sebagian besar pengguna kendaraan mungkin belum memahami arti dari pola tapak ban. Pola tapak ban ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan untuk membuat penampilan ban menjadi lebih menarik, tetapi jenis pola-pola pada tapak ban sudah didesain sedemikian rupa untuk tujuan dan fungsi tertentu. Karena ban adalah bagian utama dari kendaraan yang berkontak langsung dengan jalan, maka bentuk dan tipe pola tapak ban pada kendaraan memiliki peran yang sangat penting.


Pola Simetris

Ini dia tapak ban mobil yang banyak ditemukan pada kendaraan masa kini. Ban simetris memiliki desain yang lebih sederhana dan terlihat sama antara sisi satu dengan sisi lainnya. Alur ban simetris ini memiliki fungsi untuk membuang air serta mempunyai keunggulan berupa nyaman digunakan dan tidak menimbulkan suara bising. Tak berhenti sampai di situ, ban simetris cocok diaplikasikan pada semua jenis kendaraan. Tak perlu ribet pula memikirkan arah rotasi karena ban simetris bisa dipasang di mana saja, baik di depan, belakang, kanan, atau kiri.


Pola Asimetris

Pola tapak ban bentuk asimetris memiliki ciri berupa pola yang tidak sama antara sisi luar ban dengan sisi dalam ban. Untuk sisi dalam ban memiliki pola yang lebih banyak dibandingkan dengan sisi luar ban. Tujuan pola yang lebih banyak untuk sisi dalam ban adalah untuk meningkatkan traksi ban ke aspal ketika jalanan basah, sedangkan sisi luar ban dibuat lebih sedikit polanya agar dapat menjaga gaya cengkram ban ketika kendaraan sedang berbelok atau menikung. Karena fungsi pola pada setiap sisi berbeda, maka untuk pemasangan ban ke kendaraan juga harus memperhatikan pola dan posisi ban.


Pola Directional

Ciri utama dari tapak ban directional adalah polanya yang menyerupai tanda panah atau huruf V. Berbeda dengan ban asimetris, tak ada petunjuk khusus ketika melakukan pemasangan ban directional. Selama masih sesuai dengan arahan yang dianjurkan, maka setiap sisinya bebas dipasang di mana saja. Fungsi utama dari tapak ban directional adalah memecah air sehingga risiko aquaplanning ketika melewati genangan air pun bisa dikurangi. Berbicara mengenai aquaplanning, bagi Anda yang bertanya-tanya apa itu aquaplanning, merupakan sebuah kondisi ketika ban kehilangan traksi pada permukaan jalan akibat terhalang lapisan air. Nah, bila musim hujan mulai tiba dan ban mobil Anda dalam kondisi aus, sebaiknya lakukan penggantian dengan ban yang memiliki tapak directional agar ban lebih terkendali dan terhindar dari bahaya kecelakaan.


Itulah penjelasan singkat mengenai 3 pola tapak ban beserta fungsinya. Supaya ban kendaraan Anda tidak cepat rusak, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan nih. Salah satunya adalah selalu perhatikan tekanan udara pada ban. Bila tekanan angin terlalu rendah, maka gesekan ban dengan aspal pun semakin besar. Akibatnya, ban mobil Anda pun bisa cepat rusak. Tekanan udara yang terlalu rendah juga berpotensi membuat mobil Anda boros bensin.


Triniti DSTC (Defensive Safety Training Consultant)  dari PT. Triniti Anugerah Bersama

merupakan perusahaan yang bergerak

dibidang QHSE (Quality, Health, Safety, Environment).

Kami hadir menawarkan jasa Safety Training yaitu: 

Defensive Driving Training Light Vehicle (DDT-LV), Defensive Driving Training Heavy Vehicle

(DDT-HV), Defensive Driving Training 4x4, Safety Riding Training (SRT),

Basic Fire Fighting (BFF), Basic Sea Survival (BSS),Basic First Aid (BFA), BOSIET (Basic Offshore Safety Induction and Emergency Training). HUET (Helicopter Underwater Escape Training) dan TOT (Training of Trainer) 

Keuntungan Training di Triniti DSTC

- DSTC berada di tempat strategis

- Telah terdaftar dalam SKP PJK3 KEMNAKER RI dan IASST 

- Mendapat sertifikat

- Mendapat handout materi

- Dokumentasi foto dan video pelaksanaan training

- Harga kompetitif

Segera daftarkan diri Anda melalui website kami di www.triniti-dstc.com atau hubungi nomor telpon (021)-50101467 dan 0813-8111-1847 (WA).


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal T-BOSIET dan Perbedaannya dengan BOSIET

Ketahui Kapan Harus Gunakan Rem Depan dan Belakang pada Sepeda Motor